Menciptakan Budaya Belajar untuk Peningkatan Organisasi Anda

Budaya belajar adalah kumpulan dari konvensi, nilai, praktik, dan proses organisasi. Konvensi ini mendorong karyawan dan organisasi untuk mengembangkan pengetahuan dan kompetensi.

Sebuah organisasi dengan budaya belajar mendorong pembelajaran berkelanjutan dan percaya bahwa sistem saling mempengaruhi. Karena pembelajaran terus-menerus mengangkat individu sebagai pekerja dan sebagai pribadi, ini membuka peluang bagi perusahaan untuk bertransformasi terus menerus menjadi lebih baik.

Mempelajari budaya bisa dimulai dari hal-hal terkecil, seperti mencintai budaya terlebih dahulu sebelum mempelajari yang lain.
Hasil gambar untuk budaya

Keuntungan Budaya Belajar


Ada banyak manfaat budaya pembelajaran yang dikembangkan dalam suatu organisasi. Ini termasuk, tetapi tidak terbatas pada:


  • Peningkatan efisiensi, produktivitas, dan laba
  • Meningkatkan kepuasan karyawan dan mengurangi turnover
  • Pola pikir peningkatan di antara karyawan
  • Rasa kepemilikan dan akuntabilitas yang berkembang
  • Kemudahan dalam suksesi / transisi
  • Budaya penyelidikan dan berbagi pengetahuan
  • Peningkatan kemampuan pekerja untuk beradaptasi dengan perubahan

Agar pembelajaran menjadi efektif dalam suatu organisasi, pengetahuan yang didorong harus terkait dengan bisnis. Lebih dari itu, individu dalam suatu organisasi harus bekerja bersama daripada belajar secara individu. Pembelajaran bersama memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan staf mereka lebih cepat dan menyelesaikan masalah dengan lebih efisien.

Cara Membuat Budaya Belajar di Organisasi


Langkah pertama dalam menciptakan budaya belajar di tempat kerja Anda dimulai dengan para pemimpin Anda. Karena mereka memperkuat inisiatif pelatihan, mereka harus mendukung lingkungan belajar. Kalau tidak, mereka harus mengubah cara mereka melihat perusahaan dan melihatnya dari perspektif yang berbeda.

Beberapa langkah kunci dalam menciptakan budaya belajar di tempat kerja adalah sebagai berikut:

Formalisasi pelatihan dan rencana pengembangan. Agar budaya pembelajaran tertanam, itu harus menjadi kewajiban bagi semua individu dalam organisasi. Rencana pelatihan dan pengembangan yang tidak diformalkan memiliki risiko tidak dianggap serius dan akibatnya, tidak dilaksanakan.
Berikan pengakuan untuk belajar. Karyawan yang telah berhasil mempelajari keterampilan dan kemampuan baru harus diakui dan mendorong orang lain untuk mengikutinya.
Dapatkan umpan balik. Sesi dan jajak pendapat harus dilakukan secara teratur untuk mengevaluasi manfaat pelatihan dan pengembangan, serta untuk menentukan apakah investasi pelatihan dihabiskan dengan baik.
Promosikan dari dalam. Salah satu keunggulan pelatihan adalah memiliki karyawan yang siap untuk peran yang lebih besar. Umumkan postingan pekerjaan internal untuk mendorong karyawan mendapatkan pengetahuan.
Mengembangkan berbagi pengetahuan dan informasi ke dalam proses formal. Orang akan lebih didorong untuk berbagi pengetahuan dan informasi jika mereka diharuskan melakukannya. Memformalkan proses memastikan bahwa setiap orang yang membutuhkan informasi mendapatkannya.
Pertahankan Daya Saing Perusahaan Anda dengan Mengembangkan Budaya Belajar

Karena lingkungan bisnis cepat berubah, banyak perusahaan merasakan tekanan untuk belajar lebih cepat daripada pesaing atau berisiko kehilangan bisnis sama sekali. Ini jelas dalam teknologi digital di mana perusahaan terus mengeluarkan model produk baru dengan cepat untuk mengungguli pesaing yang melakukan hal yang sama.

Mengembangkan budaya belajar bukan lagi sekadar ide fantastis. Semakin penting bagi perusahaan untuk mengembangkan pembelajaran jika mereka ingin tetap berbisnis.

Pertanyaan yang dihadapi oleh setiap organisasi karena menganggap budaya belajar adalah kesiapannya untuk merangkul konsep radikal tersebut. Apakah perusahaan Anda siap untuk melepaskan sikap konfrontatif untuk budaya kepercayaan dan penyelidikan yang terbuka? Apakah Anda siap untuk melepaskan persaingan di antara kelompok dan individu, dan menggantinya dengan kerja sama, keterbukaan, dan dialog? Jika demikian, organisasi Anda mungkin sedang dalam perjalanan untuk mengembangkan budaya belajar. Ini akan memungkinkan Anda tidak hanya untuk bertahan dalam lingkungan bisnis yang bermusuhan tetapi untuk tumbuh secara organik dan berkembang.

Comments